Taut

Singkong memiliki beberapa nama dalam bahasa Indonesia. Ada yang menyebutnya Ubi kayu, ada juga yang menyebutnya ketela pohon. Dalam bahasa latin singkong dikenal dengan nama Manihot utilissima dan termasuk dalam famili Euphorbiaceae. Singkong merupakan tanaman perdu dimana umbinya sering dimanfaatkan sebagai pengganti makanan pokok karena mengandung banyak karbohidrat. Sementara daunnya yang masih muda dimakan sebagai lalap atau dibuat sayur daun ubi kayu

Tapi, selain dimanfaatkan sebagai bahan makanan, singkong juga digunakan sebagai tanaman obat untuk menyembuhkan berbagai penyakit dan gangguan kesehatan. Di antaranya obat rematik, sakit kepala, demam, luka, diare, cacingan, disentri, rabun senja, beri-beri, dan bisa meningkatkan stamina.

Kandungan Singkong dan Daun Singkong

Menurut Prof. Hembing Wijayakusuma, pakar tanaman obat efek farmakologis dari singkong adalah sebagai antioksidan, antikanker, antitumor, dan menambah napsu makan. Bagian yang umum dipakai pada tanaman ini adalah daun dan umbi.

Umbi singkong memiliki kandungan kalori, protein, lemak, hidrat arang, kalsium, zat besi, vitamin B dan C, dan amilum. Daun singkong mengandung vitamin A, B1 dan C, kalsium, kalori, forfor, protein, lemak, hidrat arang, dan zat besi. Sementara kulit batang, mengandung tannin, enzim peroksidase, glikosida, dan kalsium oksalat.

Kandungan gizi / 100 gram meliputi:

1.       Besi 0,70 miligram

2.       Air 62,50 gram

3.       Fosfor 40,00 gram

4.       Kalori 121 kal

5.       Karbon hidrat 34,00 gram

6.       Kalsium 33,00 miligram

7.       Vitamin C 30,00 miligram

8.       Protein 1,20 gram

9.       Lemak 0,30 gram

10.    Vitamin B1 0,01 miligram


Karena kandungannya itulah tanaman singkong sejak zaman dahulu dijadikan sebagai tanaman obat alternatif untuk mengatasi berbagai keluhan penyakit.

Fungsi dan khasiat Ubi Kayu

Ubi kayu merupakan umbi yang banyak sekali mengandung Insoluble Fiber atau Serat yang tidak Larut dalam Air.serat jenis ini berfungsi memperlancar proses buang air besar, serta mampu nyerap dan membuang toksin dalam usus, sehingga pencernaan Anda menjadi sehat.

Anda dapat memanfaatkan daun ubi kayu untuk mengobati sakit kepala. Caranya yaitu coba sekali kali kompres dengan daun umbi kayu. Ambillah beberapa lembar daun. Lalu tumbuklah sampai halus. Setelah itu kompreskan pada bagian yang dirasa sakit.


Daun umbi kayu ternyata juga mampu mengobati diare. Caranya yaitu rebuslah daun ubi kayu di air kira kira 900 cc, lalu biarkan sampai tinggal separonya atau 450 cc. Kemudian saring daun tersebut hingga menjadi separonya lagi. Kemudian minumlah 2 kali sehari yaitu pagi dan sore.


Berbagai penelitian menyebutkan bahwa di dalam daun ubi kayu ada berbagai kandungan asam amino yang diperlukan tubuh baik untuk membantu mengubah karbohidrat menjadi energi, membantu pemulihan kulit dan tulang, meningkatkan daya ingat, kinerja otak dan metabolisme asam amino lain. Dalam kaitan mencerdaskan otak ada beberapa asam amino yang terkandung dalam daun umbi kayu yaituasam glutamik, phenilalanin, tirosin dan triptophan.

Mengatasi luka bernanah, batang ubi kayu segar ditumbuk lalu ditempelkan pada bagian tubuh yang sakit. Untuk luka garukan, singkong diparut lalu ditempelkan pada bagian yang sakit dan diperban.

Obat luka karena terkena benda panas, ubi kayu diparut lalu diperas. Airnya didiamkan beberapa saat hingga patinya mengendap, lalu patinya dioleskan pada bagian yang luka.

Pada pemakaian luar, sebanyak lima lembar daun ubi kayu, tiga jahe merah, dan kapur sirih secukupnya, dihaluskan dan ditambahkan air secukupnya. Setelah diaduk, ramuan dioleskan pada bagian tubuh yang sakit.

Pada pemakaian dalam, 100 gram batang ubi kayu, satu batang sereh, dan 15 gram jahe direbus dengan 1.000 cc air hingga tersisa 400 cc. Lalu, disaring dan diminum airnya sebanyak 200 cc. Lakukan dua kali sehari.

Untuk mengobati cacingan pada anak-anak, caranya ambil 60 gram kulit batang ubi kayu dan 30 gram daun ketepeng cina direbus dengan 600 cc air hingga tersisa 300 cc. Lalu disaring dan diminum airnya menjelang tidur. Mengatasi beri-beri, 200 gram daun ubi kayu dimakan sebagai lalap.


Untuk meningkatkan stamina, 100 gram ubi kayu, 25 gram kencur, dan lima butir angco (kurma merah, beli di toko obat/makanan china) yang telah dibuang bijinya, diblender dengan menambahkan air secukupnya. Lalu tambahkan madu dan diminum.

 Manfaat lain dari ubi kayu

Daun ubi kayu dapat di gunakan sebagai obat penambah darah karena memiliki kandungan zat besi yang tinggi.

Daun ubi kayu dapat digunakan untuk mengompres pada luka bakar karena dapat mempercepat proses pendinginan.

Ubi kayu juga dapat dipakai sebagai obat panas dalam dengan cara diparut terlebih dahulu dan diambil air perasannya.

Air perasan ubi kayu terbukti mengandung getah dan tepung maka bisa dipakai untuk obat maag dan panas dalam.

Air perasan ubi kayu dapat mengobati luka pada lambung, karena fungsinya sebagai antibiotik. Sedangkan pada penderita panas dalam air perasan umbi singkong tersebut dapat mendinginkan daerah pencernaan.

semoga berguna dan bermanfaat

Iklan