pasak bumi, gingseng ,jahe


PASAK BUMI ( EURYCOMA LONGIFOLIA)
Pasak bumi adalah tanaman yang tumbuh dengan lambat dengan tinggi kurang lebih 15m . Daunnya panjang-panjang dan mengumpul pada cabang-cabangnya. Tanaman ini banyak ditemukan di daerah Asia Tenggara, salah satunya di Indonesia khususnya di daerah Sumatra dan Kalimantan. Bagian tanaman yang sering digunakan adalah akarnya.
Tanaman ini banyak mengandung komponen fenolik, tanin, senyawa dengan berat molekul tinggi, polisakarida, glikoprotein dan mukopolisakarida. Dipercayai bahwa komponen yang larut air inilah yang mempunyai aktivitas /khasiat yang berguna bagi pria.
Dari hanya dipakai berdasarkan cara tradisional, akhirnya banyak peneliti mencari tahu khasiat utama tanaman ini dalam meningkatkan libido pria secara ilmiah. Penelitian dilakukan pada tikus jantan untuk mengetahui apa yang dilakukannya  terhadap tikus betina. Dari tikus jantan yang telah diberi pasak bumi dua kali sehari selama 10 hari, diketahui bahwa terjadi peningkatan kegiatan seksual dari tikus jantan terhadap betina, dibandingkan dengan tikus yang tidak diberi tanaman ini. Pada penelitian yang lebih dramatikal untuk mengetahui efek afrodisia tanaman ini, digunakan tikus jantan yang dimasukkan dalam kandang bersama tikus betina, hanya diantara kedua jenis tikus tersebut diberi pembatas yang mengandung listrik untuk mencegah tikus jantan melewati area tersebut untuk menuju tikus betina. Hasilnya ternyata amat mencengangkan, tikus jantan yang telah diberi pasak bumi mempunyai kemauan yang kuat untuk selalu mencoba melintasi pembatas walaupun  berlistrik untuk mencapai tikus betina, sebaliknya pada tikus jantan yang tidak diberi pasak bumi sama sekali tidak ada keinginan/kegiatan  untuk melewati pembatas berlistrik. Hal lain juga menunjukkan bahwa pasak bumi dapat memperbesar  dan menjaga jumlah tikus yang sukses melewati pembatas berlistrik, berejakulasi dan aktivitas seksual lainnya selama 9 – 12 minggu periode penelitian. Hasil ini makin menujukkan kekuatan dan kemampuan Pasak Bumi sebagai afrodisia.
Efek afrodisia ini  diduga disebabkan karena kandungan ekstrak yang larut dalam air dapat meningkatkan pembentukan testoteron, yaitu hormon yang amat penting bagi pria.

Dosis yang digunakan
Dipakai akar dari pasak bumi ,  utamanya yang telah berumur lebih dari 10 tahun, sedang pada tanaman yang lebih muda kebanyakan tidak digunakan. Dosis yang direkomendasikan di Indonesia adalah 20 – 50 gram . Cara membuat ramuannya, cuci bersih akar tanaman ini, kemudian  direbus dan didihkan selama 30 menit selama 1 jam untuk melepaskan zat berkhasiatnya. Minumlah sekali sehari. Dalam bentuk serbuk, anda bisa mengkonsumsinya dengan takaran 1 sendok the, dua kali sehari. Harap diingat bahwa efek dari pasak bumi tidak bisa didapat dengan cepat, jadi harus dikonsumsi dengan teratur dalam jangka waktu tertentu untuk menghasilkan efek yang diinginkan. Efek bisa dirasakan paling tidak setelah mengkonsumsi dengan rutin tanpa terputus selama 1 minggu. Pasak bumi ini bukan suatu stimulan, dan hasilnya juga tergantung dari gaya hidup serta kesehatan mental dan fisik .

Keamanan
Dari beberapa penelitian yang telah dilakukan, diketahui bahwa tanaman ini menunjukkan batas keamanan yang luas. Bahkan pada pada tikus coba yang diberikan dosis 12 kali lebih besar yang dipakai pada manusia tidak menunjukkan efek samping. Jadi selama dipakai sesuai dengan aturan, tanaman ini terbilang aman.

GINSENG (PANAX GINSENG/ PANAX QUINQUEFOLIUS)

Akar ginseng sudah lama digunakan untuk menguatkan sperma yang loyo, impotensi dan sebagai tonik bagi para pria di negara negara Asia seperti China, Korea, Thailand, VietNam, Manchuria dan juga Amerika. Sebenarnya ginseng lebih sering digunakan untuk pencegahan daripada mengobati. Hasil percobaan terhadap mencit yang diberi ginseng menunjukkan adanya peningkatan kecepatan ejakulasi dari hewan coba. Begitu pula ketika hewan coba tikus diberi makanan tambahan ginseng selama 6 hari. Tikus-tikus tersebut menunjukkan peningkatan kadar testosterone serta lebih sering kawin dibanding tikus yang tidak diberi ginseng. Percobaan  dengan hewan juga memperlihatkan bahwa Panax ginseng ternyata membantu pertumbuhan dari testis, meningkatkan pembentukan sperma serta meningkatkan pula aktivitas seksual.
Sedang percobaan pada manusia memperlihatkan pula kefektifan dari ginseng ini terhadap aktivitas seksual para pria. Dari 30 pria yang mempunyai problem impotensi, sebanyak 60% dari mereka melaporkan mengalami perubahan yang dramatik terhadap kehidupan dan aktivitas seksual mereka.
Pria yang rutin mengkonsumsi ginseng, mengaku lebih mudah dan sering mengalami ereksi. Selain itu , dari hasil penelitian didapatkan data bahwa pada pria dengan kesuburan rendah ternyata dari analisa darahnya menunjukkan peningkatan testoterone dan peningkatan jumlah serta kualitas sperma. Dibutuhkan beberapa minggu bagi ginseng agar bisa memperlihatkan hasil yang diinginkan .Bila dikonsumsi secara teratur, maka selain  dapat meningkatkan vitalitas , dapat pula memperpanjang masa hidup.

Cara Pembuatan
Umumnya dipakai akar ginseng yang telah dikeringkan dan dibuat seperti menyeduh teh, infus ataupun ekstrak. Untuk membuat infus ambillah 240 ml air kemudian tambahkan 1-3 g akar ginseng, dan didihkan pada wadah yang tidak korosif. Setelah mendidih kecilkan apinya dan tutup selama 20 –30 menit. Anda bisa mendidihkan lebih lama, sampai kurang lebih airnya tinggal separuh dari semula. Ramuan ini bisa dikonsumsi hangat-hangat , minumlah satu gelas sebanyak satu atau dua kali sehari. Dari pemakaian secara tradisional, disarankan pula setelah mengkonsumsi secara rutin/lama,  untuk menghentikan mengkonsumsi ginseng ini selama 2 minggu, kemudian bisa dimulai untuk mengkonsumsinya lagi .

Perhatian :
Jangan mengkonsumsi ginseng bersama dengan kopi, teh atau minuman yang mengandung cola. Sebaiknya hanya dengan air putih. Terkadang ada orang yang mengalami efek alergi terhadap ginseng. Biasanya ditandai dengan sakit pada dada, denyut jantung meningkat, tekanan darah meningkat, mual, sakit kepala, kadar gula menurun ataupun imsonia. Bila hal ini terjadi, stop pemakaian dan konsultasi dengan dokter anda. Jangan pula mengkonsumsi ginseng secara berlebihan, hal ini amatlah berbahaya karena ginseng dapat menjadi toksik , bahkan malah dapat menurunkan potensi daripada meningkatkan.

JAHE (ZINGIBER OFFICINALE)
Bagi orang Indonesia, Jahe amat akrab dalam kehidupan sehari-hari. Tanaman ini merupakan tumbuhan yang asli berasal dari Asia Selatan. Melalui seantero Asia, dari Cina sampai Turki, jahe telah mempunyai reputasi yang kokoh untuk menjadi bahan afrodisiaka yang mujarab.  Jahe adalah bahan tanaman penting yang digunakan dalam kitab Ayurveda, dinyatakan dalam pemakaian tradisionalnya diantaranya adalah sebagai afrodisiaka. Hal ini dikuatkan  pula dalam catatan pengobatan di Yunani .  Dalam pengobatan tradisional Indian, dianjurkan untuk mengkonsumsi campuran jahe, madu dan telur setengah matang setiap malam selama sebulan sebagai pengobatan untuk mengatasi masalah seksual/impoten.
Jahe kering mengandung sekitar 1-4% minyak menguap yang diantaranya dikenal dengan nama gingerol , sedang senyawa utama yang penting dari baahan aktif tersebut adalah (6)-gingerol, 5-hidroxy-1-(4-hidroxy-3-methoxyphenyl)-3-decanone.
Dalam suatu artikel yang diterbitkan dalam American Journal of Chinese Medicine, beberapa peneliti dari Arab Saudi menyatakan dengan tegas bahwa ternyata ekstrak jahe dapat pula meningkatkan motilitas dan jumlah sperma.

Dosis Pemakaian :
Dosis yang umum dipakai adalah 2-4 g serbuk jahe, bisa dikonsumsi 2- 3 kali setiap hari.

Keamanan :
Jahe adalah salah satu dari sekian ribu bahan tanaman yang digunakan secara luas di bumi ini. Jutaan orang telah menggunakan jahe ini dengan aman sebagai minuman atau untuk pengobatan. Jadi selama tidak ada reaksi alergi serta digunakan sesuai dosis, jahe sangatlah aman bagi para .
semoga ber manfaat

Iklan